Rabu, 26 September 2012

Menggolongkan Hewan Berdasarkan Makanan
Di dunia terdapat ribuan jenis hewan. Salah satu cara untuk memudahkan mempelajarinya ialah dengan menggolongkannya berdasarkan jenis makanannya. Hewan dapat dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu hewan pemakan tumbuhan (herbivora), hewan pemakan daging (karnivora), dan hewan pemakan segala (omnivora).
1. Hewan Pemakan Rumput
sapi | hewan pemakan rumput
Sapi hewan pemakan rumput
Hewan pemakan tumbuhan disebut herbivora. Hewan pemakan tumbuhan banyak jenisnya. Ada herbivora pemakan buah dan herbivora pemakan biji-bijian.
a. Herbivora pemakan rumput. Herbivora pemakan rumput makan banyak rumput dan daun-daun segar. Herbivora pemakan rumput antara lain sapi, kerbau, kambing, dan kelinci.
b. Herbivora pemakan buah. Herbivora pemakan  buah terdiri dari bangsa kera dan bangsa burung, misalnya burung jalak.
c. Herbivora pemakan biji-bijian. Herbivora pemakan biji-bijian kebanyakan adalah bangsa burung. Hewan itu mempunyai paruh yang runcing dan kuat. Misalnya burung pipit dan burung betet.
2. Hewan Pemakan Daging
harimau | hewan pemakan daging
Harimau hewan pemakan daging
Hewan pemakan daging disebut karnivora. Hewan jenis ini mempunyai taring tajam dan kuat. Karnivora bangsa burung mempunyai paruh dan kuku yang tajam dan kuat. Beberapa hewan pemakan daging adalah sebagai berikut :
  • Bangsa burung : burung rajawali, burung elang
  • Bangsa reptil : buaya, ular, biawak
  • Bangsa ikan : hiu, arwana, piranha
  • Bangsa binatang buas : harimau, serigala
3. Hewan Pemakan Segala
ayam | hewan pemakan segala
Ayam hewan pemakan segala
Hewan pemakan segala disebut omnivora. Hewan ini memakan tumbuhan dan hewan lain. Beberapa hewan pemakan segala ialah ayam, itik, babi, dan beruang. Hewan omnivora lain ialah musang. Musang bisa memakan buah-buahan, tapi juga bisa memakan anak ayam tetangga.
Cukup sekian penjelasan sederhana tentang penggolongan jenis-jenis hewan berdasarkan makanannya. Ini merupakan kelanjutan dari bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya yang merupakan bagian dari kumpulan pelajaran IPA Sekolah Dasar (SD) yang semakin lengkap.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar